Jurnal Kontinum #6

6

Editor: Introduksi

KAJIAN

Jong Pairez: Mengarungi Pembuluh Samudera

Karakteristik Zomia dalam kajian James Scott dan orang-orang Madagaskar dalam studi David Graeber, menginspirasi Jong Pairez untuk mengajukan proposal untuk mengkomunikasikan perjuangan-perjuangan otonom se Asia-Pasifik.

Setiaji Purnasatmoko: Politik Kewargaan Ekologis

Adakah ruang bagi perspektif libertarian untuk membedah masalah lingkungan, situasi urban, dan relasi sosial politik? Setiaji Purnasatmoko mengajukan pemikiran-pemikiran Murray Bockhin sebagai alternatif dari kebuntuan model demokrasi liberal maupun tipe-tipe otoritarian. Kekinian dan kontekstual.

Ishmael Yahalah: Teori Komunisasi – Sebuah Introduksi

Ishmael Yahalah menyusun artikel pengantar mengenai komunisme tanpa transisi. Komunisme yang sesegera mungkin. Disini dan sekarang!

Reuben Augusto: Moralitas Anarkis

Dalam diskursus anarkis dan anti-otoritarian, topik tentang moralitas kerap diabaikan dan hampir tak disentuh. Reuben Augusto mengajukan kritik terhadap moralitas untuk melihatnya bukan sekedar ornamen tempelan dalam masyarakat hari ini, sebaliknya bagian penting yang mensimulasikan kelumpuhan dan pasifisme hidup.

 

WAWANCARA

Workers Power Syndicate: “Kami Hanya Perlu Menyadari Kekuatan Kami dan Berdiri Atas Diri Kami”

Alisa Dita Manimpian mewawancarai kelompok pekerja militan yang mengorganisir kekuatan buruh secara mandiri, dengan organisasi non-hirarkis. Mereka senantiasa bersemboyan “Buruh berkuasa, sindikalisme pekerja!”

 

ULASAN

Nedy Ludditiansyah: Jadilah Realis, Tuntut Yang Tidak Mungkin

Pertanyaannya adalah sejauh mana idealisme diam-diam menjangkiti gerakan anti-otoritarian? Nedy mengajukan kritik bagi gerakan anti-otoritarian di Nusantara, melalui ulasannya atas buku Martin Suryajaya (Materialisme Historis, 2012).

Ishmael Yahalah: Panorama Perspektif Otonomi

Salah satu buku penting yang mengkaji tiga kecenderungan dalam ‘perspektif otonomis’ diulas oleh Ishmael Yahalah. Autonomy : Capitalism, Class and Politics karya David Eden (2012) menjelaskan risalah, dinamika dan kontestasi dalam teori maupun gerakan yang lebih dikenal sebagai Marxisme Otonomis.

 

Pemesanan :

email : info@kontinum.org

http://kontinum.org/